Harga Daging di Bogor Masih Tinggi! - Bogor Channel

Sekilas Info

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 23 June 2016

Harga Daging di Bogor Masih Tinggi!

Memasuki pertengahan Ramadan, harga kebutuhan pokok di pasar cenderung bertahan, belum ada kenaikan atau penurunan.

Tanpa kecuali dengan daging, harga daging sapi kualitas terbaik di pasar – pasar tradisional di Bogor masih bertahan di level Rp130.000. Sedangkan daging sapi kualitas kedua di harga Rp120.000 dan kualitas ketiga kisaran Rp110.000.

Harga  daging sapi di tingkat pasar tradisional tersebut menurut pedagang Pasar Suryakancana, Bogor, Asep  sudah terjadi sejak awal Ramadan hingga kemarin, kisaran Rp130.000 yang sebelumnya Ramadan Rp120.000 naik Rp10.000 perkilogram.

“Perkiraan bisa turun seminggu Ramadan. Tapi tidak ada penurunan,”ucap Asep kepada Radar Bogor.

Akan turun, hanya akan sulit lebih rendah dari Rp130.000 perkilogramnya. Tidak berbeda dengan Pasar Anyar, harga daging sapi kualitas terbaik dibanderol Rp130.000.

Mengalami penurunan, H-1 Ramadan sampai dua hari Ramadan sebagian menjual Rp150.000. Kemarin harga daging di Pasar Anyar untuk kualitas kedua Rp120.000-135.000 dan ketiga di harga Rp110.000 – 115.000.

“Sudah turun lumayan, Rp130.000 perkilogram,” ucap pedagang daging Pasar Anyar, Dadang kemarin.

Menurut kedua pedagang tersebut, walaupun pemerintah sudah menambah impor daging beku , untuk harga daging segar tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. Akan sulit untuk menurunkan harga daging segar.

“Harga daging itu tergantung dari stok daging, stok hewan. Bukan stok daging beku,” tegas Asep.

Sesuai dengan permintaan pasar, agar harga daging di pasar dapat turun, pemerintah lebih banyak mengimpor sapi, tidak hanya daging beku. Papar Dadang, makin banyak sapi yang akan dipotong, makin banyak stok daging sapi segar.

Hingga kemarin untuk stok daging sapi segar masih cukup, tidak akan mengalami kekurangan. Diharapkan mendekati Lebaran, tidak ada pengurangan pemotongan sapi. Terkait dengan daging sapi beku impor cukup banyak, hanya untuk di pasar tidak diminati.

Karena minimnya pembeli, para pedagang di pasar lokal Bogor enggan menjual daging sapi beku impor. Lanjut Dadang karena minimnya pembeli, daging sapi beku impor hanya untuk menjaga.

“terkadang ada yang cari. Ada tapi tidak banyak, paling banyak sedia 10 kilogram, itupun tidak semua ada,” ujar Asep. Sementara itu, harga daging sapi impor beku di beberapa supermarket Bogor masih dibanderol kisaran Rp90 ribuan.

(mer)

Post Top Ad