Kebun Raya Bogor Menjadi Tempat Rekreasi Pertama dan Terfavorit Sejak 1817 - Bogor Channel

Sekilas Info

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 4 June 2016

Kebun Raya Bogor Menjadi Tempat Rekreasi Pertama dan Terfavorit Sejak 1817

Sejak dulu manusia butuh liburan. Nah, tempat rekreasi pertama di Bogor yakni Kebun Raya Bogor (KRB), mulai beroperasi pada 18 Mei 1817. Resmi dibuka Gubernur Jenderal G.A.G.P Van Der Capellen.

Saat itu disebut Buitenzorg, dari bahasa Belanda yang artinya tidak perlu khawatir. Nama awal yakni, ‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg. Sebelum KRB diresmikan, awalnya hanya tempat mengumpulkan semua jenis tanaman di Kebun Botani di sekitar Istana Bogor.

Sebelum KRB itu namanya Kebun Botani. Akhirnya Raffless bisa menyulap menjadi taman yang cantik. Kebun Raya Bogor tidak langsung besar, sebelum 1817 masih cukup sederhana dan terus dilakukan pembangunan hingga pada 18 Mei 1817 sudah tertata lebih baik.

Tiap tanggal tersebut menjadi hari jadinya KRB. Luas KRB sekitar 47 hektare. Lahan bekas Samida menjadi lahan pertama Kebun Botani. Selama lima tahun, 1817–1822 kesempatan untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari nusantara. Diperkirakan ada 900 tanaman hidup yang ada di KRB.

Terus berkembang hingga 30 Mei 1868, KRB secara resmi terpisah kepengurusannya dengan halaman Istana Bogor. Hingga kini, KRB menjadi tempat kunjungan wisata favorit tak hanya bagi warga Bogor, juga wisatawan domestik dan mancanegara.

(mer)

Post Top Ad