Jumat Barokah, Puluhan Kaum Duafa Kota Bogor Terharu Dapat Ini - Bogor Channel

Sekilas Info

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, 9 September 2016

Jumat Barokah, Puluhan Kaum Duafa Kota Bogor Terharu Dapat Ini

Ada pemandangan yang unik dan menggugah hati di depan Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/9/2016) pagi tadi. Tampak belasan hingga puluhan mengerubuti sebuah sepeda motor dan mendapatkan nasi bungkus plus air minum gelasan.

Raut wajah orang-orang “luar biasa” itu pun sangat cerah ceria. Senyum dan tawa tak pudar-pudarnya selama sepeda motor berwarna hitam itu parkir. Pantas saja, aksi yang sangat sederhana ini ternyata memiliki makna dan misi yang luar biasa, yakni berbagi alias sedekah.

“Aksi kami ini namanya Free Food Motorcycle Jumat Barokah. Jadi kami membagikan makanan dan minuman kepada orang-orang yang membutuhkan,” kata Gigondola Sugiri, seorang aktivis sosial Kota Bogor kepada Pojokjabar.id.

Aksi Free Food Motorcycle Jumat Barokah di depan Kejaksaan Negeri Kota Bogor. (foto: Pojokjabar)
Aksi Free Food Motorcycle Jumat Barokah di depan Kejaksaan Negeri Kota Bogor. (foto: Pojokjabar)
Gigondola atau yang akrab disapa Kang Ginz ini mengungkapkan, aksi mereka ini adalah bentuk kepedulian kepada sesama yang berlandaskan syariat agama Islam yaitu sedekah. Sasaran mereka adalah para kaum duafa seperti pengemis, tukang becak, pemulung dan orang yang tak mampu lainnya untuk sarapan pagi bersama.

“Kami juga menyasar petugas kebersihan yang telah sangat berjasa untuk kebersihan Kota Bogor,” kata Ginz.

Sebanyak 50 nasi bungkus disiapkan untuk dibagikan kepada orang-orang tersebut. Ginz menuturkan, aksi ini ingin berbagi dan sekadar untuk makan bersama dengan orang-orang “luar biasa” ini.

“Kami mengajak para saudara duafa untuk sarapan bersama. Tapi kebanyakan mereka penginnya dibawa pulang,” tutur Ginz sembari tertawa.

Respons target Free Food Motorcycle Jumat Barokah hari ini, kata Ginz, sangat apresiatif, bersyukur dan terharu. Untuk itu, aksi ini akan terus dilakukan secara kontinyu. “Insya Allah aksi ini akan istikomah,” ujarnya.

Sementara itu, pada hari ini, aksi Free Food Motorcycle Jumat Barokah dilakukan di dua titik, yakni depan Gedung PPIB dan Kejaksaan Negeri Kota Bogor, Jalan Djuanda. Ke depannya, kata Ginz, akan bergeser ke kawasan-kawasan lainnya.

“Insya Allah, rencananya kami akan bagi-bagi makanan lagi pada Car Free Day nanti. Titik kumpul di depan masjid Alhijri air mancur. Aksi nanti sekaligus Gerakan Pungut Sampah. Jadi kita sekaligus bersih-bersih Kota Bogor,” ungkapnya. “Menunya nanti ada snack juga,” tandasnya.

(izo/pojokjabar)

Post Top Ad