Cara Buat NPWP Di Bogor - Bogor Channel

Sekilas Info

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 10 May 2015

Cara Buat NPWP Di Bogor

Ok bogor netizen, saya mau ngasih tau ni cara buat NPWP khusus nya di Kabupaten Bogor. Tapi secara prosedur, di Kota Bogor juga sama sih. Ini pengalaman saya waktu buat NPWP tepatnya di di Kantor Perpajakan di pemda Bogor ya.

Pertama yang harus kamu siapin itu adalah:
1. Foto Copy KTP
2. Foto Copy KK 

Selanjutnya masuk ke tempat tersebut langsung ambil nomor antrian yang terletak di deket pintu masuk, saya saranin datangnya pagi pagi, karena kalo kamu dapet nomor antrian 50 ke atas itu kamu bakal nungguin ber jam jam, nah nanti pas kamu udah ambil itu nomor antrian, kamu bakal di kasih formulir sama penjaga loket tersebut. Formulir diisi sambil nungguin nomor antriannya, waktu itu si saya ngitungin 1 orang nya bisa 10 sampai dengan 20 menitan, lama kan?? kalo kamu dapet no antrian 50, itung aja 50 x 15 menit berapa lama kamu bakal nungguin? belum lagi lagi kepotong sama jam istiraht 1 jam.

Kalo waktu itu pembuatan NPWP ada di loket 5&6. Nah pas nomor antrian kamu di panggil segeralah kamu dateng ke petugas loket tersebut untuk menyerahkan formulir + FC KTP nanti disitu bakal di cek cek sama petugas-petugasnya. oh iya jangan sampe kamu nungguin lama lama nanti kamu gak bisa batal buat bikin NPWP. Itu yang saya alamin waktu pertama kali, sebelumnya kamu harus cek no NIK KTP kamu terdaftar atau engga di MENDAGRI atau gampangnya KTP kamu harus udah KTP elektrik atau e-KTP yaa, soalnya kalo bukan KTP elektrik pasti ga terdaftar di MENDAGRI dan kamu ga bakal bisa buat bikin NPWP deh.

Bisa juga kita cek NIK KTP nya sudah terdaftar atau belum, dengan googling aja di internet udah banyak tutorialnya. Nah kalo nomor NIK kamu terdaftar di MENDAGRI kamu tinggal ikutin aja kata si petugasnya, nanti kamu bakal di kasih No NPWP berupa kertas, bukan kartu karena kalo kartu jadinya sekitar semingguan, itu pun kalo jaraknya deket sama tempat pembuatan NPWP nya, NPWP bakal di kirim lewat POS, makanya pas nulis alamat di Formulir nya kamu tulis yang lengkap biar memudahkan proses pengiriman, setelah itu udah deh tinggal nunggu dirumah buat kedatangan NPWP nya.

Oh ya NPWP juga bisa loh bikin lewat online itu lebih memudahkan jadi ga usah repot repot buat nunggu di kantor perpajakan yang ngantrinya naudzubilleh, kamu tinggal buka aja alamat nya https://ereg.pajak.go.id/ tinggal ikutin langkah langkahnya deh, sebelum kamu bikin NPWP online berkasnya (KTP) di scan terlebih dahulu ya, soalnya nanti kamu bakal disuruh upload KTP lewat situ, setelah ngikutin langkahnya langkahnya nanti kamu bakal dapet pesan email dari perpajakan, kalo NPWP kamu berhasil atau tidaknya, kalo berhasil kamu tinggal nungguin NPWP kamu dateng kerumah sama petugas POS deh.  Gampang kan sekarag jaman modern semuanya bisa di lakukan lewat instan. Semoga Berhasil Kawan.

Oh ya inget ya pembuatan NPWP itu GRATISSS, jadi jangan mau kalo ada calo yang nawarin bantu, sayang duit.

Jika masih bingung dan ada pertanyaan, silahkan tanya admin [disini]

Sumber: serbaserbi

#update #CaraBuatNPWPDiBogor2018 #npwpbogor2018

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad