Timpora Awasi WNA di Perumahan Dramaga Bogor - Bogor Channel

Sekilas Info

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 6 May 2017

Timpora Awasi WNA di Perumahan Dramaga Bogor

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kecamatan Dramaga melakukan pendataan dan pengawasan kegiatan warga luar negeri di Perumahan Dramaga Cantik dan Dramaga Hijau, Kamis (04/05/2017).

Kanit Satpol PP Kecamatan Dramaga Saeful JP mengatakan, pendataan tersebut dilakukan sejak pukul 10.00-12.30 WIB dengan menurunkan enam petugas.

Berdasarkan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Kelas I Bogor, pengawasan disesuaikan dengan kegiatan di tramtib. “Ini bukan sidak, tapi SK dari sana karena menyangkut penegakan perda,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group).

Ia melanjutkan, warga asing yang berada di Perumahan Dramaga Cantik berasal dari Malaysia, Kamerun dan Korea Selatan. Namun untuk Dramaga Hijau tidak ditemukan adanya WNA. “Dari Malaysia berjumlah sepuluh orang. Kemudian Kamerun ada satu orang.

Mereka mahasiswa yang kuliah di IPB. Sedangkan satu warga negara Korea Selatan bekerja sebagai tenaga ahli di pabrik wig,” terangnya.

Saeful menjelaskan, WNA yang bermukim di Perumahan Dramaga Cantik sedang di data oleh RT dan RW. Setelah selesai, akan dikirim ke Trantib Kecamatan Dramaga karena ada kemungkinan WNA Malaysia bisa lebih banyak atau sedikit.

“WNA Malaysia atau WNA lain rata-rata kan berkuliah bahkan bekerja. Sehingga pulangnya sore hingga malam. Kalau kata ketua RT atau RW, mereka suka keluar masuk (perumahan). Jadi akan dipastikan dulu berapa jumlah yang belum terdata,” tuturnya.

Terpisah, Camat Dramaga Baehaki menuturkan, pendataan tersebut dilakukan lantaran khawatir WNA yang tinggal di rumah kost, menyelundupkan identitas palsu atau berpura-pura sebagai mahasiswa.

“Hasil ini sebagai shock terapi. Selanjutnya akan dilakukan pendataan di desa lainnya, terutama wilayah padat penduduk dan perumahan,” tegasnya.

Ia menambahkan, jika ada indikasi para WNA melanggar data kependudukan, Timpora Kecamatan Dramaga akan berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi kelas I Bogor untuk mencari solusi apa yang harus dilakukan.

“Intinya kami mewaspadai kehadiran WNA yang ada di Kecamatan Dramaga,” pungkasnya.
(radar bogor/cr4/c)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad